Langsung ke konten utama

Menjaga Keutuhan Rumah Tangga

BAGAIMANA MEMPERBAIKI RUMAH TANGGA
Dalam Kajian Islam

Dalam menaungi kehidupan rumah tangga tentunya manusia di hadapkan dengan berbagai masalah mendasar yang seringkali terjadi, dan nasalah-masalah itu terkadang sering membuat kita pesimistis dalam berumah tangga. Ada bebarapa tips yang bisa kami sampaikan agar kita selalu optimis dalam berumah tangga, karena berumah tangga juga merupakan suatu ibadah kepada Allah.

MEMILIH ISTRI YANG TEPAT
Allah berfirman "DaN kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (kawin) dan hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karuniaNya. Dan Allah Maha Luas(KaruniaNya) lagi Maha mengetahui." (An-Nur:32).
Menurut hadist Nabi Muhammad S.A.W yang di riwayatkan oleh Bukhari disebutkan beberapa kriteria dalam memilih istri antara lain dilihat dari hartanya, keturunannya, kecantikannya dan agamanya. Maka hendaknya engkau utamakan wanita yang memiliki agama,(jika tidak) niscaya kedua tanganmu akan berdebu (miskin, merana). Fatkhul Bari, 9/132
Lelaki shalih dan wanita shalihah akan mampu membangun rumah tangga yang kuat, baik, dan penuh ridho dari Allah.
UPAYA MEMBENTUK (MEMPERBAIKI ISTRI)
Beberapa metode memperbaiki istri :
1. Memperhatikan ibadahnya
2. Berusaha Menigkatkan imannya dengan menganjurkan bangun malam untuk sholat tahajud, membaca Al-Qur'an, Menghafalkan Dzikir dan do'a pada kesempatan tertentu., melakukan banyak sedekah, memca buku-buku islami yang bermanfaat, Memilih teman-teman yang shalihah, menjauhkan dari segala keburukan pintunya.
3. JADIKAN RUMAH SEBAGAI TEMPAT MENGINGAT ALLAH
Rasulullah bersabda " Perumpaman rumah yang di dalamnya ada dzikrullah, dan rumah yang tidak ada dzikrullah didalamnya adalah (laksana) perumpamaan antara yang hidup dengan yang mati". riwayat Muslim dan Abu Musa 1/539.
4. JADIKAN RUMAH SEBAGAI KIBLAT
Maksud nya adalah jadikan rumah sebagai tempat beribadah. Allah berfirman dalam surat Yunus:87............dan jadikanlah olehmu rumah-rumahmu itu sebagai kiblat dan dirikanlah shalat seta gembirakanlah orang-orang yang beriman.
5. PENDIDIKAN KEIMANAN UNTUK ANGGOTA KELUARGA
Membiasakan dan menganjurkan para istri dengan sedekah adalah sesuatu yang bisa menambah iman sesuai dengan sabda rasulullah S.A.W, "Wahai segenap wanita, bersedekalah kalian. Sesungguhnya aku melihat bahwa kalian adalah sebanyak-banyak penduduk neraka". Hadist riwayat Ahmaf dan Abu Daud.Shahihul Jami' no. 3488.

Postingan populer dari blog ini

RAHASIA KEDELAI

KEAJAIBAN CIPTAAN TUHAN/KEAJAIBAN KEDELAI Banyak sekali anugerah yang diberikan Tuhan kepada umatNya, salah satu salah satunya adalah dari hasil bumi kita “Kedelai”. Banyak sekali manfaat yang di kandung dalam kedelai untuk kesehatan manusia. Berikut ini penulis sebagian kecil manfaat yang berhasil di temukan para peneliti yang dapat kita ambil manfaatnya, antara lain : 1.Mengatasi Intoleransi Laktosa/Lemak Susu 2.Mencegah Kanker dan Penuaan dini 3.Minuman bagi penderita AUTISME 4.Mencegah Migrain 5.Menghambat Menoupause, dan osteoporosis 6.Mencegah Diabetes Melitus (Kelebihan Gula darah) 7.Mencegah Arteriosklerosis,Hipertensi,Penyakit Jantung Koroner dan Stroke 8.Mengurangi Kadar Kolesterol Darah 9.Minuman bagi vegetarian

VERIFIKASI PAYPAL TIDAK HARUS MEMPUNYAI KARTU KREDIT

Berdasarkan Informasi terakhir, untuk mendapatkan akun paypal yang Verified memang membutuhkan Kartu Kredit, karena verifikasi menggunakan akun Bank Lokal sudah tidak disetujui. Tapi bagi anda yang tidak punya kartu kredit, ada sebuah trik yang dapat dilakukan untuk mendapatkan akun Paypal Verified dengan menggunakan rekening bank lokal. Langkah langkahnya adalah sebagai berikut: Masuk ke akun Paypal anda, Verifikasi email anda dengan memasukkan kode yang terdapat di email anda di kolom Pemberitahuan --- verifikasi email. Tambahkan Nomor rekening bank dengan klik "Profil --- Tambah/Edit Rekening Bank". (Alamat dan nama yang ada di rekening bank harus sama dengan yang ada di profil Paypal anda, jika berbeda, ubah alamat di akun Paypal anda terlebih dahulu). Setelah Nomor Rekening ditambahkan, kemudian klik "Hubungi Kami / Contact Us" di bagian bawah rekening Paypal anda. (Sebaiknya ubah bahasa yang digunakan dari bahasa indonesia ke bahasa inggris

CARA MENGHILANGKAN KOLESTEROL JAHAT

Cara Cepat Membuang Kolesterol Jahat Orang yang memiliki kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi biasanya disarankan untuk mengurangi makanan atau lemak hewani. Tapi jika ingin lebih cepat turunnya, maka harus diikuti dengan rajin makan makanan penurun kolesterol. Di Amerika Serikat, seseorang yang banyak mengonsumsi daging dan lemak akan identik dengan lingkar pinggang yang besar. Tips yang sering dianjurkan adalah meminimalkan lemak hewan atau lemak yang padat pada suhu kamar. Lemak tersebut merupakan sumber kolesterol LDL. Tapi studi yang dilakukan Dr David Jenkins dari Michael’s Hospital di Toronto, Kanada menemukan dengan melakukan diet makanan rendah lemak, ditambah rajinmengkonsumsi makanan penurunan kolesterol hasilnya bisa lebih banyak membuang kolesterol jahat. Ia menyarankan makan buah dan sayuran seperti terong, apel, anggur, stroberi, biji-bijian, kacang-kacangan, minyak zaitun dan produk kedelai ikut dimakan saat melakukan diet rendah lemak. “Beberapa jenis sayur